LPMP KALTIM GELAR DISKUSI ONLINE BERSAMA KEPALA SEKOLAH

LPMP Kalimantan Timur menggelar acara Diskusi Online Bersama Kepala Sekolah. Diskusi ini diikuti oleh 305 participant yang tidak hanya berasal dari Kalimantan Timur saja namun diikuti oleh participant yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti Jambi, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Kepulauan Riau dan Maluku Utara. Diskusi yang diselenggarakan bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional ini mengusung tema “Tantangan Kepala Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19”. Acara diawali dengan sambutan dari Mohamad Hartono, selaku Kepala LPMP Kalimantan Timur. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa momen diskusi adalah wadah yang sangat tepat, dimana kepala sekolah dapat berbagi praktek baik yang telah dilakukan di sekolahnya masing-masing. Pada kesempatan tersebut juga beliau mengingatkan sekolah untuk selalu mengupdate data dapodik sekolah. LPMP Kaltim selalu berusaha membantu pemerintah daerah dalam upaya pencapaian Standar Nasional Pendidikan, terangnya.

Ada dua topik yang dibahas pada diskusi ini, topik yang pertama adalah Supervisi Akademik pada Masa Pandemi Covid-19 yang disampaikan oleh Suharman, M.Pd. Materi yang dibahas dintaranya terdiri dari perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, evaluasi dan monitoring supervisi. Materi-materi tersebut disampaikan dengan menghubungkan situasi pandemi Covid-19.

Topik yang kedua adalah “Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)” oleh Dr. Haksan Darwangsa. Materi ini membahas mengenai dasar hukum, tujuan dan sasaran dari BOS, struktur organisasi tim BOS, mekanisme penyaluran dan penetapan dana BOS, penggunaan dana BOS dan yang terakhir pelaporan dana bOS.

Sesi berikutnya adalah diskusi dan tanya jawab. Pada sesi ini peserta diskusi sangat antusias menyampaikan pandangannya melalui komentar, tanggapan maupun pertanyaan. Secara umum semua participant merasa senang dan terbantu dengan diselenggarakannya diskusi ini. Berikut testimoni dari beberapa participant.

Terima kasih LPMP, semoga berikutnya ada kegiatan Vidcon dengan tema lainnya. LPMP-SMA Maju Bersama Hebat Semua… (Taufik Hidayat)

Terima kasih sudah menerima kami dari Kabupaten Karimun Kepulauan Riau (Musa Abdullah)

Terima kasih bu Wiwik, bapak Suharman, dan bapak Haksan Darmawan, webinar hari ini sungguh mencerahkan. Mohon maaf lahir dan batin, salam hangat dari SDN 001 Bontang Utara (Yani Astuti)

Terimakasih untuk diskusi online pagi ini.Salam sehat dari Jambi.R.Ellen Della Purba,.M.Pd pengawas SMP Kabupaten Tanjung Jabung Timur.Salam hormat kami pada Kepala LPMP Kaltim dan Widyaiswara LPMP Kaltim (R. Ellen Purba)

Terima kasih banyak atas peran LPMP dalam webinar ini. Semoga ke depan,LPMP mengundang para guru berdasarkan mapelnya untuk melatih mereka dalam mendesain pembelajaran online yang atraktif, aktif, kreatif, dan inspiratif sehingga pembelajaran benar-benar tepat sasar dan menggembirakan. Terima kasih. SMA Katolik Santo Fransiskus Assisi Samarinda (Kristoforus Gustian).

Selain testimoni participant pada kolom Chat, di akhir sesi juga telah dilakukan evaluasi terhadap kegiatan diskusi ini. Ada tiga hal yang dievaluasi pada kegiatan ini, diantaranya adalah kebermanfaatan kegiatan bagi peserta, kerelevanan materi dengan kebutuhan peserta, dan penguasaan materi oleh narasumber. Berikut hasil evaluasi yang dianalisis dari 292 participant yang terlibat.

Diskusi diakhiri dengan sambutan dari kepala seksi FPMP LPMP Kaltim, Syafrudin Januar dan diakhiri dengan foto bersama secara virtual.

Wiwik Setiawati

Wiwik Setiawati, lahir di Samarinda tanggal 6 Agustus 1978. Mulai bekerja di BPG Samarinda (LPMP Kaltim) pada tahun 2001 sebagai Laboran Kimia. Pada tahun 2007 mengikuti program S2 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung program studi Pendidikan Kimia dan selesai tahun 2009. Karir sebagai Widyaiswara LPMP Kalimantan Timur sejak tahun 2011.

One Comment on “LPMP KALTIM GELAR DISKUSI ONLINE BERSAMA KEPALA SEKOLAH”

  1. Terima Kasih LPMP, Moderator, Narasumber untuk Diskusi Onlinenya, kami tunggu kegiatan serupa dengan materi yang berbeda. Salam sehat dari PPU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *